Selasa, 06 Juli 2010

Sekilas Kabupaten Kepulauan Selayar

Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten di antara 23 kabupaten/kota di Propinsi Sulawesi Selatan, yang letaknya di ujung selatan jazirah Sulawesi dan memanjang dari utara ke selatan, yang terdiri dari gugusan pulau-pulau (kepulauan).
Secara Geografis, Kepulauan Selayar terletak antara 5042’ – 7035’ Lintang Selatan dan 120015’ – 122030’ Bujur Timur
Wilayah Kepulauan Selayar terdiri atas 130 Pulau Besar dan Pulau Kecil. Gugusan kepulauan tersebut sebagian dihuni penduduk, dan sebagian tidak berpenghuni.
Luas wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar adalah 10.503,69 Km2. yang terdiri dari 1.357,03 Km2 daratan dan 9.146,66 Km2 wilayah lautan. Secara administratif pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar terdiri dari menjadi 11 Kecamatan, 68 desa 7 kelurahan. Sebanyak 5 kecamatan berada di Kepulauan, masing-masing Kecamatan Pasimarannu dengan ibukotanya Bonerate, Kecamatan Pasimasunggu dengan ibukotanya Benteng Jampea, Kecamatan Pasimasunggu Timur ibukotanya Ujung Jampea, Kecamatan Taka Bonerate ibukotanya Kayuadi/ Batang, dan Kecamatan Pasilambena ibukotanya Latokdok.
Adapun 6 kecamatan lainnya berada di daratan Pulau Selayar, masing-masing Kecamatan Benteng ibukotanya Benteng, Kecamatan Bontoharu ibukotanya Matalalang, Kecamatan Bontosikuyu ibukotanya Pariangan, Kecamatan Bontomanai ibukotanya Palebunging dan Kecamatan Bontomatene Ibukotanya Batangmata, serta Kecamatan Buki Ibukotanya Baruiya
Berdasarkan pencatatan Stasiun Meteorologi Benteng, jumlah rata-rata hari hujan sekitar 10 hari dengan curah hujan 146,3 mm, sedangkan berdasarkan Stasiun Metereologi Bontomatene hari hujan rata-rata 7 hari dengan curah hujan sekitar 155,6 mm, dan berdasarkan Stasiun Metereologi Pasimasunggu Timur rata-rata hari hujan sekitar 9 hari dengan curah hujan sekitar 76 mm.
Kondisi tofografi Kabupaten Kepulauan Selayar bervariasi, sebagian tanah datar dan ada yang agak miring dengan type iklim wilayah ini termasuk type B dan C. Musim hujan pada bulan November hingga Juni dengan curah hujan mencapai lebih 100 mm sedangkan musim kemarau pada bulan Agustus sampai September

Tidak ada komentar:

Posting Komentar